Rabu, 14 Desember 2011

Ternyata Bayi Belajar Tata Bahasa Sejak Lahir


Ketika mengajak bayi Anda berbicara, Anda kerap kali terkejut dengan ekspresi wajah mengerti dari mereka. Jangan heran, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bayi mulai belajar tata bahasa sejak mereka lahir.

Seperti dilansir dari Daily Mail, para peneliti menemukan bahwa di tahun pertama, bayi akan mendengarkan dengan seksama dan mendekonstruksi pola kata. “Bayi selalu mencari petunjuk dalam konteks kalimat dan suara,” ujar Professor Jill Lany dari Universitas Notre Dame.

Menurut penelitiannya, ada beberapa petunjuk mengejutkan dalam aliran suara yang membantu bayi memperlajari makna kata-kata. “Mereka dapat membedakan jenis kata kerja, dan kata benda dari informasi pada aliran suara,” paparnya.

Dia menemukan bahwa anak berusia satu tahun dapat mengidentifikasi petunjuk tata bahasa untuk menebak hubungan kata yang diucapkan orang dewasa. Seperti, memahami kata ‘ini’ sebagai kata benda.
Jika Anda mengatakan kepada bayi Anda ‘lihat ini makanan mu’, anak Anda mungkin tidak mengerti apa itu makanan. Tapi, ia tahu sebuah isyarat dari kata ‘ini’ dan mengerti bahwa ‘makanan’ adalah sebuah obyek.

“Sama halnya seperti ketika seseorang mengatakan ‘saya makan’, prinsip yang sama bekerja dengan isyarat dan pola kata yang menunjukkan kata kerja,” paparnya.
Bayi menggunakan pola-pola ini sebagai petunjuk untuk memahami kata-kata yang baru ia pelajari. Dalam usia 15 bulan, mereka dapat melacak tata bahasa yang lebih kompleks.

“Kita sering berpikir bahwa anak akan belajar tata bahasa setelah belajar kata. Tapi pada kenyataannya, penelitian saya menunjukkan bahwa semua informasi yang didapat pada tahun pertama bayi adalah bagaimana kata dipakai dalam sebuah bahasa. Hal inilah yang mendukung proses belajar kata sebelum penguasaan bahasa,” ia menambahkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More