Senin, 26 Desember 2011

Percepat Browsing Menggunakan Open DNS

Saat anda melakukan browsing, bisa dipastikan komputer akan memiliki sebuah IP address agar diklenali oleh server dan selanjutnya user biasa mendownload web page dan mensuport beberapa file. Sistem windows menggunakan sebuah DNS (Domain Name Server) adalah layanan di Internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP.

Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address).Performa DNS server merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi kecepatan dalam browsing. Saat nama masing masing domain anda masukka, maka aat itu juga IP Addres anda sudah ditetapkan, selanjutnya dibutuhkan waktu untuk meload web page yang  anda buka. Ada beberapa laternatif untuk mempercepat untuk mempercepat browsing, yaitu menggunakan Open DNS yang dibangun secara gratis, tidak seprti beberapa provider yang berbayar , Open DNS server mampu menjembatani antara ISP dan alamat web page yang diakses.

Anda bisa menggunakan Open DNS ini sebagai alternatif bila anda merasakan lambatnya proses loading webpage saat anda melakukan browsing, dan nomor open DNS ini mudah untuk diingat. Untuk menggunakan Open DNS ini  relatif tidak terlalu sulit. Anda butuh mengganti lamat DNS servernya aja. Ada banyak langkah untuk mengganti DNS salah satu diantaranya adalah melalui menu RUN


Klik tombol start dan pilih menu Run dan ketikan ncpa.cpl
Klik kanan pada koneksi yang aktif
Pada networking/ general tab, pilih internet protokol (TCP/IP)V4
Pada properti screen isikan atau ganti
Prefered DNS Server : 208.67.222.222
Alternate DNS Server:  208.67.220.220
 
Tekan OK bila selesai

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More